3/05/2013 12:08:00 am
0
Tahukah anda bahwa trophy yang selama ini kita lihat di perebutkan oleh timnas timnas dari berbagai penjuru dunia setiap 4 tahun sekali dalam ajang Piala Dunia itu adalah trophy pengganti. Trophy piala dunia yang sering kita saksikan itu adalah trophy kedua yang sengaja di buat untuk menggantikan trophy pertama yang hilang.

Trophy piala dunia pertama yang bernama trophy Jules Rimet sendiri di buat oleh pematung asal prancis bernama Abel Lafleur. Trophy piala dunia pertama itu memiliki tinggi 35 cm dan berat 3,8 kg. Trophy tersebut berbentuk cawan bersegi 10 dan ditopang oleh sosok yang digambarkan sebagai Nike (dewa kemenangan dalam mitology Yunani) yang memiliki sayap.

Awalnya trophy tersebut bernama Victory namaun di masyaracat umum dikenal sebagai Coupe du Monde. Pada tahun 1946 secara resmi trophy tersebut di beri nama Jules Rimet untuk menghormati president FIFA pada saat itu yang juga sebagai penggagas Piala Dunia.

Trophy Jules Rimet pertama kali di anugerahkan pada tahun 1930 kepada juara Piala Dunia pertama Uruguay yang juga kebetulan pada saat itu menjadi tuan rumah kejuaraan tersebut. Pada tanggal 20 Maret, 1966 tepat 6 bulan sebelum perhelatan Piala Dunia di Inggris berlangsung trophy tersebut hilang. Tropy tersebut hilang dalam acara pameran yang di gelar untuk umum di Westminster Central Hall. 7 hari berselang trophy tersebut ditemukan terbungkus koran di daerah London Selatan oleh seekor anjing. Setelah kejadian itu FA secara rahasia membuat replika trophy untuk di pamerkan kepada masyarakat umum. Pada tahun 1970 timnas Brasil memenangi kejuaraan untuk ketiga kalinya dan membuat mereka memiliki trophy tersebut seperti telah ditetapkan oleh Jules Rimet sendiri pada tahun 1930. Trophy Jules Rimet itu pun di pajang di lemari anti peluru di markas federasi sepakbola Brasil (PSSInya Brasil) di Rio de Janiero. Tapi pada tanggal 19 Desember, 1983 lemari penyimpanan trophy Jules Rimet di temukan terbuka oleh linggis dan trophy Jules Rimet tersebut dinyatakan hilang dan pak pernah ditemukan hingga kini.

0 comments:

Post a Comment