3/01/2013 10:26:00 pm
0
Nomer pungggung biasanya menjadi identitas para pemain. Bahkan posisi pemain biasanya dapat dikenali dari nomer punggung yang mereka kenakan. Katakanlah nomer punggung satu yang umumnya digunakan oleh penjaga gawang. Nomer punggung 2 dan 3 menjadi ciri khas back sayap nomer punggung 4 dan 5 umum digunakan oleh centre back nomer 8 terkenal sebagai pengatur serangan, nomer 9 sebagai momok di kotak penalty dan nomer 10 adalah sang bintang.

Hal tersebut bahkan masih dianut oleh timnas brasil bahkan sampai sekarang mereka masih memakai nomer punggung 1 sampai 11 untuk starting XI mereka di setiap ajang.

Tetapi tidak sedikit pemain yang berada di luar kotak tersebut dan memakai nomer punggung yang unik dan aneh sebagai jatidirinya di atas lapangan hijau.

Banyak alasan yang menjadi latar belakang para pemain memilih nomer punggung "aneh" dan "unik" tersebut untuk digunakannya.

Berikut adalah dpemain pemain yang menggunakan mnomer punggung "unik" dan "aneh":

2- Clint Dempsey
Sebenarnya saat pertama hijrah ke Tottenham Hotspurs Clint Dempsey mempunyai beberapa pilihan nomer. Tetapi akhirnya dia menjatuhkan pilihannya di angka 2 karena mengingatkannya saat dia pertama kali main saat masih kanak kanak dulu. Nomer tersebut juga adalah nomer punggung di klub pertamanya saat membela salah satu klub MLS New England Revolution. Saat membela Fulham sendiri Clint Dempsey sendiri menggunakan mnomer punggung 23 karena mengikuti idolanya di dunia basket Michael Jordan.

10- William Gallas
Saat di buang Chelsea William Gallas hijrah ke Arsenal dan mengenakan nomer punggung 10 yang umumnya sering dipakai seorang striker. nomer punggung 10 di Arsenal sendiri sebelumnya digunakan oleh Dennis Bergkamp, tetapi setelah dia pensiun nomer punggung tersebut nganggur sampai akhirnya digunakan oleh Gallas. Sebelumnya gallas sendiri sebagai seorang pemain bertahan sudah menggunakan nomer punggung "aneh" dan "unik" selama membela Chelsea. Gallas mengenakan nomer punggung 13 di Stamford Bridge, tetapi setelah Chelsea mendatangkan Michael Ballack gallas di paksa mengalah. Itu juga adalah salah satu pemicu kepindahan Gallas dari Chelsea.

9- Khalid Bouhlarouz
Sebelum kedatangan Fernando Torres ke Chelsea nomer 9 sebelumnya selalu menghiasi punggung jersey yang dikenakan Khalid Boulahrouz sampai akhirnya Boulahrouz hijrah ke Sevilla. Hal tersebut menjadi tidak lazim dan berkesan "aneh" dan "unik" mengingat Boulahrouz adalah pemain belakang, sedangkan nomer punggung sembilan selama ini terkenal menjadi pemilik striker mesin gol.

1- Pantelis Kafes
Nomer 1 biasanya hanya umum kita temukan di punggung jersey seorang penjaga gawang, Lain halnya dengan Pantelis Kafes mantan pemain Olimpiakos itu memilih nomer 1 sebagai nomer punggungnya. Usut punya usut ternyata Pantelis Kafes dulunya adalah seorang penjaga gawang sebelum akhirnya berposisi sebagai gelandang serang.

0- Hicham Zerouali
Tak kalah "aneh" dan "unik" dengan pemain lain, Hicham Zerouali memilih nomer 0 sebagai penghias punggung di jerseynya. Dalam olehraga sepakbola sendiri nomer seperti itu memang sangat langka. Bahkan di Liga liga top yang sering wara wiri di televisi lokal kita seperti Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol dan Liga Jerman kita tak menemukan pemain dengan nomer punggung 0. Tetapi dalam olahraga lain seperti bola basket ada beberapa pemain menggunakan nomer punggung 0. khususnya di NBA (liga bola basket Amerika).

99- Vitor Baia
Kiper pemegang caps terbanyak untuk timnas Portugal ini sebenarnya menderita arithmophobia. Arithmophobia sendiri adalah sebuah rasa takut yang dialami oleh penderitanya terhadap nomer tertentu. Vitor Baia sendiri tidak memilih nomer 1 seperti kebanyakan kiper utama pada umumnya karena takut mengemban beban berat sebagai kiper utama.

69- Bixente Lizarazu
Pemain yang banyak menghabiskan karirnya di Bayern Muenchen ini memilih menggunakan nomer 69 untuk menghiasi punggungnya. Alasannya sederhana saja, karena mantan pemain bertahan timnas Prancis tersebut memiliki tinggi 169 cm dan berat badan rata rata menyentuh angka 69 kg.

1+8- Ivan Zamorano
Striker asal Chile tersebut adalah pemain dengan nomer punggung paling "aneh" dan "unik". pasalnya dia menggunakan nomer 1+8. Kepindahan Ronaldo ke Intermilan yang juga menginginkan nomer punggung tersebut sebagai syarat kepindahan membuat Zamorano merelakan nomer 9 yang selama ini menjadi ciri khasnya. Karena juga tetap ingin menjadi pemain bernomer punggung 9 (biasanya juga diartikan sebagai striker yang produktif mencetak gol) dia menambahkan tanda plus di sablonan jerseynya di antara angka 1 dan 8 sehingga dia tetap menjadi pemain bernomer punggung 9 di klub.

0 comments:

Post a Comment